loading…

Sudah bukan rahasia lagi jika CGI sangat dilibatkan dalam pembuatan film-film seri Marvel Cinematic Universe (MCU). Dari istana-istana menjulang di Asgard hingga hutan belantara Wakanda, semuanya dibuat dengan CGI. Meski begitu, ada juga lokasi asli yang dipakai untuk syuting film-film MCU ini. Dikutip dari CBR, sejumlah tempat ini bisa dikunjungi para penggemar atau pelancong secara langsung. Meskipun nama aslinya tidak sama dengan nama yang dipakai di film, tapi tempat-tempat ini cukup menarik untuk dijelajahi.

1. Sokovia

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Nama negara Sokovia muncul di film Avengers: Age of Ultron. Konon, negara ini berada di Eropa Timur dan menjadi basis Hydra. Kastil yang dipakai sebagai markas Hydra di film itu ada di dunia nyata. Kastil itu berada di Ford Bard di Italia. Namun, interior markas itu bukanlah kastil tersebut. Interiornya diambil di terowongan Dover Castle di Inggris. Kota Verres, Italia, juga disulap menjadi jalanan Novi Grad, Sokovia, yang menjadi tempat adegan evakuasi sebelum Avengers bertempur habis-habisan dengan Ultron. Sebagian besar adegan perang di film itu terjadi di sekitar alun-alun pusat kota yang sebenarnya adalah Hendon Police College di London, Inggris.

2. Warrior Falls

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Di Black Panther, Warrior Falls adalah lokasi tempat dilakukannya ritual pertempuran Putra Mahkota Wakanda. Di tempat inilah, T’Challa meladeni tantangan M’Baku dan Killmonger. Sementara syuting close-up dilakukan di sebuah panggung di Atlanta, syuting besarnya dilakukan di Iguazu Falls, yang berada di perbatasan antara Argentina dan Brasil.

3. Hutan Asgard

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Kehadiran Hela di Asgard di film Thor: Ragnarok, menyebabkan banyak warga Asgard ketakutan dan mengungsi. Dipimpin Heimdall, warga pun berjalan melintasi hutan dan pegunungan Asgard. Tempat ini nyata adanya di dunia. Hutan dan pegunungan yang dipakai di film ini berlokasi di Cedar Creek Falls di Tamborine National Park di Queensland, Australia.

4. Fasilitas Avengers

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Di akhir Age of Ultron, fasilitas besar ini menjadi markas Avengers hingga Thanos hadir dan menghancurkannya di klimaks Avengers: Endgame. Bangunan yang digunakan sebagai markas Avengers itu sebenarnya versi manipulasi digital Porsche Experience Center, sebuah museum dan atraksi turis di Atlanta, Georgia. Lokasi lain yang juga digunakan termasuk Sainsbury Centre for Visual Arts di Norwich, Inggris, dan gedung SANY America yang dipakai di Endgame.

5. Hell’s Kitchen

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Meskipun tidak sesangar seperti yang diceritakan di Daredevil, kehidupan nyata di Hell’s Kitchen memiliki banyak estetika keras yang sama. Tidak seperti yang dikisahkan di komik Daredevil di mana kawasan ini digambarkan sebagai lingkungan kelas pekerja yang keras, kehidupan nyata di Hell’s Kitchen di New York City sekarang lebih sopan dengan harga rumah yang lebih mahal dari yang digambarkan di serial tersebut. Kalau ada penggemar yang ingin mengunjungi kawasan itu untuk melihat wajah keras Hell’s Kitchen yang terlihat di layar, mereka harus menelusuri seluruh Manhattan, tempat syuting serial ini.

6. New Asgard

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Sementara tanda New Asgard yang terlihat di Avengers: Endgame menyiratkan kalau komunitas Asgardian ini berada di Tonsberg, Norwegia, nyatanya, syuting film ini dilakukan di sebuah desa nelayan kecil bernama St Abbs, Skotlandia. Para pengunjung desa itu akan disambut dengan tanda dari Dewan Perbatasan Skotlandia dengan kalimat St Abbs kembar dengan New Asgard.

7. Culver University

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Culver University menjadi arena pertarungan antara Bruce Banner dengan militer yang mengejarnya di The Incredible Hulk (2008). Adegan di kampus itu diambil St George Campus University of Toronto di Toronto, Kanada. Sementara, perang di halaman dilakukan di Morningside Park di Toronto. Sebagian besar film ini syuting di kota tersebut, termasuk pertarungan ikonik antara Hulk dengan Abomination di Harlem yang sebenarnya terjadi di Yonge Street, Toronto.

8. Old Royal Naval College

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Syuting pertarungan akhir antara Thor dan Malekith di Thor: The Dark World ini dilakukan di Old Royal Naval College di Greenwich, London, Inggris. Thor bahkan bertanya kepada seorang penumpang di London Underground tenang bagaimana pergi ke Greenwich. Jalanan dan interior di sekitarnya juga digunakan di adegan invasi Dark Elf.

9. Leipzig Airport

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Sebagian besar syuting pertarungan epic di bandara di film Captain America: Civil War dilakukan di sebuah studio Atlanta, bandara Leipzig/Halle di Jerman digunakan di sejumlah adegan dan bisa dilihat di film. Sulit membedakan antara adegan mana yang syuting di Atlanta dan di bandara langsung karena tim produksi menciptakan banyak bagian bandara itu dengan set praktis dan juga CGI.

10. Attilan

10 Lokasi Syuting Film Marvel yang Bisa Dikunjungi

Kota Attilan dari film Inhuman produksi Marvel seharusnya ada di bulan. Namun, penggemar tak perlu jauh-jauh meninggalkan Bumi untuk bisa menjejakkan kaki di kotaitu. Sejumlah lokasi di Hawaii dipilih untuk menghidupkan Attilan, termasuk Hawaii State Capitol sebagai Royal Palace dan Battery Harlow di Fort Ruger Military Reservation, yang menjadi distrik Lower Caste.

(alv)



Sumber