ISTANBUL, iNews.id – Tiga nelayan Turki dilaporkan terluka dalam insiden yang melibatkan kapal Angkatan Laut Yunani, Selasa (11/8/2020). Saluran TRT Arabic mengabarkan, serangan oleh kapal Yunani terhadap kapal penangkap ikan Turki itu berlangsung di perairan dekat Marmaris, sebuah kota di pesisir barat Turki.

Ketegangan antara Turki dan Yunani belakangan ini semakin meningkat. Salah satunya disebabkan kecemburuan Yunani terhadap Turki yang terus mendorong rencana pengeboran minyak dan gas bumi di wilayah Laut Mediterania yang diperebutkan kedua negara.

Pada Selasa ini, Turki akan mengeluarkan izin eksplorasi dan pengeboran gas di Mediterania Timur. Menyikapi itu, Yunani mencari cara membujuk negara-negara lain untuk membatalkan rencana Turki tersebut. Negara di Semenanjung Balkan itu pun telah mengupayakan pertemuan darurat Uni Eropa untuk mengatasi masalah itu.

Yunani dan Turki yang sama-sama anggota NATO itu saling klaim atas sumber daya hidrokarbon di Mediterania Timur. Kedua negara juga saling berdebat ihwal batas wilayah di perairan yang dipenuhi pulau-pulau kecil itu.

Pada Senin (10/8/2020) kemarin, Turki mengirim kapal eksplorasi ke kawasan laut yang disengketakan, mengakhiri masa tenang yang telah dicapai setelah konflik tersebut ditengahi oleh Jerman. Ankara menyatakan, kesepakatan maritim yang ditandatangani Yunani dengan Mesir pekan lalu menunjukkan bahwa mereka tidak dapat memercayai Athena.

Turki pun berjanji untuk melanjutkan survei SDA di perairan yang juga diklaim oleh Yunani dan Siprus itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil



Sumber