7 Jenis Ikan Cupang yang Ada di Indonesia, Cocok untuk Dipelihara

Ikan Cupang. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com – Indonesia merupakan negara maritim yang berada di dalam kawasan laut yang sangat luas. Bahkan secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua per tiga luas lautan yang lebih besar daripada daratan. Maka tidak heran apabila negara ini memiliki potensi kekayaan laut yang besar.

Nilai kekayaan tersebut bersumber pada ekosistem laut, seperti ikan, terumbu karang, potensi wisata bahari, dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis ikan dapat ditemui di lautan Indonesia, mulai dari ikan yang layak dikonsumsi hingga ikan hias.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki berbagai jenis ikan hias yang dihasilkan dari air tawar, salah satunya ikan cupang. Ikan ini juga dapat ditemui di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Brunei Darussalam. Ikan cupang memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang beraneka ragam.


Secara umum, ikan cupang terbagi menjadi tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Lalu apa saja jenis-jenis ikan cupang yang cocok dipelihara? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Ikan Cupang Fancy

ikan hias

©2020 Merdeka.com

Fancy merupakan jenis ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang fancy memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan. Maka tak heran apabila jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal.

Apabila Anda tertarik dengan ikan hias ini, umumnya harga ikan cupang fancy berkisar Rp100.000 hingga Rp2.000.000. Biasanya semakin menarik warnanya, harga ikan ini juga akan semakin mahal. Sehingga harga jenis ikan ini tergantung bentuk dan warna yang dimiliki ikan cupang fancy.
2 dari 7 halaman

Ikan Cupang Giant

ikan cupang

©2020 Merdeka.com

Ikan cupang giant merupakan hasil persilangan dari berbagai macam jenis ikan cupang yang memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Pasalnya, jenis ikan cupang ini memiliki ukuran mencapai 10-15 cm.

Jenis ikan cupang ini sering ditemui di Thailand dan umumnya hidup di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant dikenal memiliki sifat yang agresif, sehingga cocok digunakan sebagai ikan cupang aduan. Ukurannya yang besar menjadikan jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar di harga Rp500.000 hingga Rp1.000.000.
3 dari 7 halaman

Ikan Cupang Plakat

hias

©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Jenis ikan cupang yang cocok untuk dipelihara berikutnya ialah plakat. Ikan hias ini berasal dari Thailand dengan ciri khas sirip dan ekornya yang pendek. Umumnya ikan cupang plakat memiliki ukuran yang besar dan warnanya tidak terlalu mencolok.

Tubuhnya yang kokoh dan besar menjadikan ikan cupang plakat sangat cocok dijadikan sebagai petarung. Selain itu, ikan ini juga bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya. Harga yang ditawarkan untuk satu ikan cupang plakat berkisar Rp50.000 hingga Rp2.000.000.
4 dari 7 halaman

4. Ikan Cupang Double Tail

hias

©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Ikan cupang double tail terkenal dengan sebutan bulan sepotong. Hal ini karena ikan cupang double tail memiliki warna yang sangat mencolok dengan ekornya yang ganda. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan cupang yang banyak dicari, namun cukup sulit untuk dibudidayakan.

Ikan cupang double tail memiliki variasi warna yang beragam, oleh karena itu ikan ini juga cukup langka di pasaran. Maka tak heran apabila memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar Rp100.000 hingga Rp2.000.000.
5 dari 7 halaman

Ikan Cupang Halfmoon

ikan cupang

©2020 Merdeka.com

Ikan cupang halfmoon memiliki bentuk ekor dan sirip yang mirip dengan bulan sabit. Jenis ikan cupang ini merupakan hasil perkawinan yang dilakukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat.

Bentuknya yang unik dan memiliki warna yang indah menjadikan harga ikan cupang berkisar Rp50.000 hingga Rp500.000.
6 dari 7 halaman

Ikan Cupang Slayer

ikan cupang

©2020 Merdeka.com

Salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara ialah cupang slayer. Ikan ini merupakan hasil perkawinan antara ikan cupang halfmoon dan serit. Bentuk dan warnanya yang indah menjadikan ikan cupang slayer cukup digemari oleh semua kalangan.

Ikan cupang slayer juga relatif mudah didapatkan. Biasanya ikan ini banyak di jual di pasaran maupun di sekolahan. Selain itu, harga jenis ikan cupang ini tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp25.000 hingga Rp300.000.
7 dari 7 halaman

Ikan Cupang Serit

ikan cupang

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Jenis ikan cupang yang cocok untuk dipelihara berikutnya ialah cupang serit. Bentuknya yang seperti kipas, menjadikan cupang jenis ini menjadi daya pikat bagi para penggemarnya.

Maka tidak heran apabila harganya cukup mahal, yaitu berkisar Rp60.000 hingga Rp300.000.

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi
semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!
Daftarkan

TOPIK TERKAIT






Sumber