MATARAM-Ratusan warga asing (WNA) tertahan di kawasan tiga gili, Lombok Utara. Mereka belum bisa pulang sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, Maret lalu. ”Turis-turis yang belum dijemput sama negaranya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara Vidi Eka Kusuma, pada Lombok Post, Minggu (5/7/2020).

WNA tersebut, kata Vidi, ada yang datang sebagai turis, pekerja, dan pemilik tempat usaha. Meski gili sedang sepi, namun kehidupan mereka di sana terjamin. ”Mereka mendapat tunjangan dari negaranya,” jelasnya.

Ia menjamin, para WNA tersebut tidak telantar. Beberapa restoran dan hotel saat ini sudah buka dan melayani mereka yang masih ada di gili. Sehingga untuk sarapan, makan siang dan penginapan terjamin. ”Sudah ada tempat tertentu di sana. Beberapa tempat (usaha) juga sudah buka restorannya,” jelasnya.

Para WNA tersebut tinggal di sana dalam keadaan terpaksa, sehingga mereka diizinkan tetap di sana. ”Kalau yang telantar sudah dikembalikan kemarin yang dari Rusia ngamen itu,” ujarnya.

Kondisi tiga gili, khususnya Gili Trawangan hingga saat ini belum pulih. Mesksi destinasi wisata itu sudah dibuka, namun pemerintah sangat hati-hati. ”Kita buka bertahap untuk karyawan dulu, kalau pun ada tamu itu merupakan orang asing yang sudah ada di situ,” jelasnya.

Pemda KLU, kata Vidi, masih terus menyempurnakan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk meyakinkan wisatawan. Termasuk sertifikat cleanliness, health, and safety (CHS) bagi semua tempat usaha di sana. ”Kita belum buka untuk wisatawan luar dulu, termasuk kapal cepat dari Bali, belum,” katanya.

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Syahrifullah menerangkan, WNA yang habis masa izin tinggalnya tidak perlu lapor lagi ke kantor Imigrasi. Selama pandemi, visa mereka otomatis diperpanjang. ”Sampai batas waktu yang diumumkan Dirjen Imigrasi. Perpanjangan izin visa ini secara otomatis,” katanya.

Di awal pandemi, para WNA memang diminta datang melapor dan memperpanjang visa. Tapi dengan terbitnya Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Indonesia, visa mereka otomatis diperpanjang. ”Karena memang kondisi pandemi ini,” jelasnya.

Bagi WNA yang tiba setelah 5 Februari dan tidak dapat kembali ke negaranya karena pandemi covid-19, tidak perlu mengajukan perpanjangan izin tinggal ke kantor Imigrasi.  (ili/r5)

 



Sumber