Berita Populer: Luhut Debat dengan Dosen UI, Erick Thohir Rombak Pertamina
“`figure_image
{“alt”:””,”caption”:”Menko Marves, Luhut Pandjaitan, menerima kedatangan dosen FEB UI, Djamester Simarmata. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan”,”hash”:”0hRIdoY0AcDWZZFiXlTbFyMWNADglqeh5lPSBceAl4U1Igck8wbSdDU3VCUFEhJUo4NyBCAn8VFlcmJUs1ZCRD”,”quality”:0,”style”:0}


Berita soal debat antara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Dosen UI menjadi yang terpopuler pada Jumat (12/6). Berita lainnya yang juga mendapat banyak sorotan dari pembaca adalah mengenai perombakan direksi PT Pertamina (Persero). Berikut kumparan merangkum berita-berita terpopuler di kanal bisnis: ## 1. Luhut Debat Keras Ala Batak dengan Dosen Senior UI Ekonom Senior Rizal Ramli batal debat dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Batalnya debat itu, karena pihak Rizal Ramli menganggap ada persyaratan yang tidak bisa dipenuhi oleh Luhut. Meski batal dengan Rizal Ramli, Luhut bertemu secara langsung dengan dosen senior Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Djamester Simarmata. Mereka berdebat dengan nada keras khas Batak. ```figure_image {"alt":"","caption":"Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat Seremonial Pengecoran Closure Tengah Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan. Foto: Irfan Adi Saputra.","hash":"0hzfoVhhF1JUlSLw3KRpdaHmh5JiZhQzZKNhl0VwJBe30rS2cfZh09fH4qK3otF2IXPBlqLXcmPngtHGMabxw9","quality":0,"style":0}

Dikutip dari akun Instagram Luhut, mereka bertemu di kantor Kemenko Maritim dan Investasi pada Kamis (10/6). Menurut Luhut, Djamester Simarmata memberikan analisis yang cukup hebat tentang utang Indonesia.

“Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana,” tulis Luhut menuturkan pertemuannya dengan Djamester.

Luhut juga memuji Djamester dengan menilainya sebagai orang hebat, karena telah mendedikasikan seumur hidupnya pada dunia pendidikan.

“Usia kami bisa dibilang sudah sama-sama senior, namun jalan yang kami pilih sedikit berbeda. Saya mendedikasikan separuh hidup saya di militer, dan beliau memilih jalan akademis sebagai tonggak pengabdian untuk ibu pertiwi,” lanjutnya.

Luhut sebelumnya menanggapi berbagai kritik soal utang luar negeri dengan menantang para pengkritiknya untuk berdebat. “Jadi kalau ada yang mengkritik kami (soal utang negara), sini saya juga pengin ketemu. Jadi jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong. Enggak usah ngomong di TV-lah, ketemu saya sini,” kata Luhut Selasa (2/6).

2. Erick Thohir Rombak Direksi Pertamina Lagi

Menteri BUMN Erick Thohir kembali melakukan bongkar pasang direksi PT Pertamina (Persero). Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Jumat (12/6), sejumlah direksi dirombak.

Jabatan Direktur Utama Pertamina masih diisi oleh Nicke Widyawati. Begitu pun posisi komisaris utama, masih dijabat Basuki Tjahaja Purnama. Itu artinya, kursi dirut dan komut tak ada perubahan.

{"alt":"","caption":"Menteri BUMN Erick Thohir melantik pejabat kementerian BUMN. Foto: Kementerian BUMN","hash":"0hosaIu1d8MFxcMBjfSJNPC2VmMzNvXCNfOAZhQgxebmglVHIKaAF6aXAzPDt4UncCMl54PHl1bz5yAXILNFM","quality":0,"style":0}

Direksi yang dipertahankan adalah Direktur Keuangan Emma Sri Martini, Direktur SDM Koeshartanto, Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Mulyono, Direktur Manajemen Aset M. Haryo Yunianto. Sedangkan Strategi Portofolio dan New Ventures dijabat oleh Iman Rahman.

Sisanya 6 direktur lain seperti Direktur Hulu Dharmawan Samsu, Direktur Mega Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Heru Setiawan, dan Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra, Direktur Pemasaran Retail Mas’ud Khamid, diberhentikan sekaligus dihapus jabatannya.

3. Mengenal Iman Rachman, Direktur Baru Pertamina Pilihan Erick Thohir

Dalam perombakan direksi PT Pertamina (Persero) hari ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat satu direktur baru, yaitu Iman Rachman. Dia menduduki posisi Direktur Strategi Portofolio dan New Ventures, jabatan baru dalam kepengurusan Pertamina.

Sebelum ditarik ke Pertamina, Iman merupakan Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset atau PPA, BUMN yang mengurusi perusahaan negara merugi di Indonesia. Iman tercatat mulai bekerja di PPA pada Juli 2019 menggantikan Henry Sihotang.

{"alt":"","caption":"Direktur Strategi Portofolio dan New Ventures Pertamina, Iman Rachman. Foto: PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)","hash":"0hysJ14YNHJlx3SA7fY_FZC00eJTNEJDVfE353QicmeGgOLGQKQ3o9aVtNLW1eKGECGX5pOVtJPW0Ie2APSns9","quality":0,"style":0}

Dikutip dari situs resmi PT PPA, ia menempuh pendidikan Sarjana S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat (1995) lalu menempuh pendidikan Master of Business Administration in Finance di Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris (1997).

Kariernya diawali sebagai Manager di PT Danareksa Sekuritas (1998-2003), Direktur Investment Banking PT Mandiri Sekuritas (2003-2016), Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (2016-2018). Sebelum menduduki jabatannya di PT PPA, beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (2018-2019).



Sumber