Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah mengevaluasi usulan jalan akses ke Pelabuhan Panjang dari Jalan Tol Trans Sumatra di Lampung.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan saat ini tengah dilakukan pembahasan usulan akses dari IC (inter change) Lematang ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Menurutnya, usulan tersebut berupa pembuatan akses jalan tol dari Gate Lematang, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra di Lampung, ke Pelabuhan Panjang.

“Baru proses evaluasi dari BPJT untuk perluasan penugasan perubahan lingkup investasi Hutama Karya,” kata Danang kepada Bisnis, Jumat (12/6/2020).

Dikutip dari laman kppip.go.id, pembangunan Jalan akses Pelabuhan Panjang dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas antara Tol Trans Sumatra dengan Pelabuhan Panjang, Provinsi Lampung.

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan konektivitas jalan tol menuju pelabuhan tersebut diharapkan dapat mempermudah jalur distribusi ekonomi dan meningkatkan efisiensi bagi masyarakat.

Rencana pembangunan jalan akses sepanjang 9 kilometer tersebut berada di ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, tepatnya di Km 10 – Simpang 3 dengan exit atau entry di IC Lematang yang dihubungkan menuju Jalan Sutami.

Sekretaris Pelaksana KPPIP Bastary Pandji Indra mengatakan pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Panjang sangat potensial untuk meningkatkan potensi perekonomian di Provinsi Lampung.

“Jalan akses ini dapat mendukung perekonomian, terutama sarana produksi dan distribusi di kawasan Sumatera Selatan,” katanya.

Konten Premium Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.





Sumber