Meski sudah dibuka kembali, para pengunjung diimbau tetap mengikuti protokol kesehatan new normal pariwisata resmi yang telah diterapkan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta melalui rujukan Kemenkes. Di antaranya, menggunakan masker dan mengecek suhu tubuh serta tetap wajib menjaga jarak.

Selain itu, jumlah pengunjung yang datang berwisata juga akan dibatasi untuk mencegah penularan wabah COVID-19. Dalam pelaksanaannya, setiap bidang usaha pariwisata wajib membatasi kapasitasnya hingga 50 persen dari kapasitas maksimalnya.

Yang tak kalah penting, jam buka sejumlah destinasi wisata seperti museum juga akan dibatasi dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Hal itu berlaku untuk Selasa hingga Minggu, sesuai dengan hari buka objek wisata.

Selain destinasi wisata, beberapa fasilitas olahraga outdoor (kecuali kolam renang) juga sudah dibuka kembali mulai 5 Juni 2020. Lalu, tempat usaha makanan dan minuman yang berdiri sendiri (bukan bagian dari pusat pertokoan) juga sudah dibuka mulai 8 Juni 2020.

Untuk pusat pertokoan atau mal sendiri, rencananya baru akan dibuka kembali pada 15 Juni 2020, bersamaan dengan jasa perawatan rambut. Sedangkan, tempat wisata lainnya seperti pantai dan wisata Kepulauan Seribu rencananya akan dibuka lagi mulai 13 Juni 2020. Untuk taman margasatwa dan kebun binatang akan kembali dibuka pada 20 Juni 2020.



Sumber