MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud terima mahasiswa Kerja Kuliah Nyata Tematik (KKNT) Institut Pertanian Bogor (IPB) Mutmainnah A. Umar, di kediaman bupati.

Dihadiri Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga. Sedangkan dari pihak IPB, dihadiri Dekan Fakultas MIPA IPB, Wakil Dekan, juga dosen pembimbing yang terhubung secara daring online melalui aplikasi zoom.

Dalam pertemuan via daring zoom tersebut, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) mempromosikan potensi dan wisata di Kepulauan Talaud yang ternyata menarik perhatian dari Dekan FMIPA IPB.

“Ketika saya berdiskusi dengan mahasiswa yang akan melakukan KKNT di sini tentang biokimia lingkungan, bahwa akan sangat tepat jika nantinya IPB secara khusus mengirim mahasiswanya untuk melakukan KKNT di Kepulauan Talaud dengan melakukan penelitian,” ujarnya.

Menurut bupati, Pemkab Kepulauan Talaud dengan pihak IPB beberapa tahun lampau pernah melakukan kerja sama. “Pada tahun 2008 lalu, saya pernah mengirimkan sekitar 43 orang untuk melakukan kuliah S3 di IPB dan 12 diantaranya telah selesai,” tutur bupati.

Di tempat yang sama, Dekan FMIPA IPB, Dr. Ir. Sri Nurdiati Msc mengungkapkan, dalam via daring online, sangat berkerinduan pihak IPB dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dapat bekerja sama.

“Mungkin kedepannya bisa didatangkan mahasiswa melalui jalur beasiswa utusan daerah untuk menempuh pendidikan di IPB, dan mungkin juga ke depan Dekan, Wakil Dekan, hingga dosen-dosen, bisa berkunjung ke Kepulauan Talaud,” ucapnya.

Sementara itu, mahasiswa IPB yang melaksanakan KKNT di Talaud Mutmainnah A. Umar membeberkan, untuk pelaksanaan KKNT di Talaud mungkin selama 1 bulan atau 40 hari.

“Dan tujuan KKNT di Talaud tematiknya penyuluhan Covid-19, penanaman ubi kayu dan jagung untuk ketahanan, pembagian masker dan sabun di masyarakat serta bantuan APD atau logistik untuk tenaga relawan Covid-19 di pelabuhan atau di posko-posko Covid-19,” pungkasnya.(cw-02/ite)





Sumber