Enam orang ABK KM Barcelona reaktif hasil tes cepat
figure_image
{"alt":"Enam orang ABK KM Barcelona reaktif hasil tes cepat","caption":"Kapal Motor Barcelona yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna. ANTARA/Jerusalem Mendalora","hash":"0hnr-8vGt3MV0QQRnYKTJOCioXMjIjLSJedHdgQ0Avb2lpJXUJKSR7aDxEO2Q_IXYDfnV3PjRHKmxvcSIPfyd7","quality":0,"style":0}

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengungkapkan, enam orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Barcelona reaktif dari hasil tes cepat.

"Gugus tugas telah melaksanakan tes cepat bagi 27 anak buah kapal Barcelona dan hasilnya, enam orang reaktif," kata Jopy Thungari di Tahuna, Kamis.

Pelaksanaan tes cepat bagi anak buah kapal KM Barcelona guna menindak lanjuti hasil tes usap tiga orang ABK kapal tersebut yang dinyatakan positif COVID-19.

"Tes cepat terhadap ABK KM Barcelona lakukan karena sebelumnya tiga ABK yaitu pasien 04 dan 05 serta 06 telah dinyatakan positif COVID-19," kata dia.

Dia mengatakan, KM Barcelona malam ini kembali diberangkatkan dari Tahuna menuju Manado tanpa membawa penumpang. KM Barcelona merupakan satunya- satunya kapal jadwal malam hari yang melayari rute Tahuna- Manado dan sebaliknya.

"Sebenarnya, enam orang ABK yang reaktif segera diisolasi di Tahuna namun atas pembicaraan dengan pihak perusahaan kapal, isolasi nanti di lakukan di Manado, sehingga kapal harus berangkat tanpa penumpang," kata dia.

Dia mengatakan, tes cepat juga dilakukan terhadap pedagang yang ada di pasar tradisional Towo’e Tahuna.

"Kami juga telah melaksanakan tes cepat bagi 39 orang penjual di pasar Towo’e dengan hasil semuanya non-reaktif," kata dia.

Dia berharap semua masyarakat tetap tenang dan terus mematuhi anjuran menjalankan protokol kesehatan ketika keluar rumah.

"Protokol kesehatan wajib dijalani dan dipatuhi oleh masyarakat bila keluar rumah guna mencegah penularan COVID-19," kata dia.



Sumber