JAKARTA, iNews.id – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan ke depan Sarinah bakal menjadi pusat perdagangan produk UMKM. Sementara Smesco Indonesia akan berperan sebagai coaching atau pelatihan.

“Smesco lebih banyak memfokuskan pelatihan atau coaching UMKM supaya produknya bisa ditingkatkan atau di-upgrade. Tetapi kita di Sarinah nantinya lebih memastikan pemasaran” ujar Erick di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dia menilai, kerja sama antara BUMN saat ini merupakan sebuah keharusan. Supaya mendukung kondisi UMKM lebih baik.

“Kami di BUMN dalam kerja sama dengan UMKM adalah keharusan dan keberpihakan. Jadi ini bukan sesuatu yang hanya lip service atau wacana. Ini agar kondisi UMKM lebih baik,” katanya

Seperti diketahui, Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian BUMN telah menandatangani kerja sama dalam membantu pemulihan serta mengembangkan koperasi dan UMKM akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Penandatanganan kesepakatan itu menjadi payung hukum, mendorong perusahaan BUMN turut mendukung pengembangan dan pembinaan UMKM di Indonesia, baik dalam hal pendampingan, penyediaan bahan baku, logistik, penyerapan produk UMKM dan pemasaran melalui platform digital.

Editor : Dani Dahwilani



Sumber