JawaPos.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak jajaran manajemen PT Pertamina (Persero). Hal tersebut telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan hari ini, Jumat (12/6).

Berdasarkan informasi yang beredar, jabatan Direktur Utama yang dijabat oleh Nicke Widyawati dan Direktur Keuangan Emma Sri Martini tidak ada perubahan. Jajaran direksi Pertamina akan dirampingkan hanya menjadi lima.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, adanya pemangkasan jajaran manajemen tersebut bertujuan agar Pertamina lebih berfokus pada startegi bisnis. “Rencana besar kita konsisten. Kita mau memastikan semua BUMN fokus bisnisnya,” ujarnya di Kementerian BUMN, Jumat (12/6).

Erick melanjutkan perampingan manajemen ini dikarenakan akan dibentuk subholding. Sehingga, sebuah perusahaan tidak boleh memiliki banyak direksi, agar lebih fokus dalam menjalankan bisnis intinya.

“Di holding itu direksinya itu harus enam. Enggak boleh kebanyakan. Karena ada Dirut, ada Finance, Human Capital, ada juga Corporate Services. Itu peran holding. Tapi di subholding digabungkan unit Pertamina jadi satu kesatuan fokus bisnis,” tuturnya.

Adapun susunan direksi Pertamina berdasarkan hasil RUPS adalah sebagai berikut.

Direktur Utama: Nicke Widyawati
Direktur Penunjang Bisnis: M Haryo Yunianto
Direktur Keuangan: Emma Sri Martini
Direktur Sumber Daya Manusia: Koeshartanto
Direktur Logistik: Mulyono
Direktur Strategi: Iman Rachman

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Sumber