JawaPos.com – Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro menilai masa transisi yang mulai diterapkan sejumlah daerah berjalan cukup baik. Berdasarkan data pemerintah pusat, sampai dengan sekarang sudah ada 102 daerah yang berstatus zona hijau.

Juri mengatakan, secara nasional memang kasus Covid-19 masih naik cukup tinggi. Namun, kondisi tersebut turut dipengaruhi oleh kapasitas tes PCR yang makin banyak. Sehingga deteksi penyebaran virus semakin luas.

“Tetapi kalau kita lihat kasus-kasus beberapa daerah yang bisa mengendalikan penularan ini saya kira menggembirakan, seperti daerah Jawa Barat, Jabodetabek ini cukup menggembirakan,” kata Juri di Jakarta, Sabtu (13/6).

Dia menyampaikan, di DKI Jakarta sendiri angka Covid-19 masih mengalami kenaikan tak lepas dari pulangnya sejumlah pekerja migran dari luar negeri. Termasuk kelompok Anak Buah Kapal (ABK). Sehingga tidak semata-mata dipengaruhi oleh penularan tingkat lokal.

“Dan juga klaster-klaster baru seperti Kalsel, Sulsel, Surabaya dan sekitarnya ini memang sedang mendapatkan perhatian khusus terkait penambahan kasus secara signifikan ini,” jelas Juri.

Sebelumnya, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, sampai dengan Sabtu (13/6), kasus positif di wilayah DKI Jakarta berjumlah 8.628 kasus. Dengan rincian 3.781 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 560 orang meninggal dunia.

“Sampai dengan hari ini kami laporkan, 1.424 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.863 orang melakukan self isolation di rumah,” kata Ani.

Sedangkan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 19.440 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 13.148 orang.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Sumber