TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan perombakan pada jajaran pengurus perusahaan PT Pertamina (Persero). Langkah tersebut diambil pada Rapat Umum Pemegang Saham yang digelar pada hari ini, Jumat, 12 Juni 2020.

 

Bongkar pasang terjadi pada jajaran dewan direksi perseroan. Berdasarkan informasi dari sumber Tempo di Kementerian BUMN, terjadi perampingan jumlah direksi perusahaan energi pelat merah ini dari mulanya sebelas anggota menjadi enam anggota.

 

Di antara enam direksi tersebut, lima orang adalah muka lama di perseroan. Mereka adalah Nicke Widyawati, M Haryo Yunianto, Emma Sri Martini, Koeshartanto, dan Mulyono. Adapun satu nama baru adalah Iman Rachman.

 

Dengan demikian, nama-nama yang dicopot dari jajaran anggota dewan direksi adalah Direktur Hulu Dharmawan H. Samsu, Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra, Direktur Pemasaran Ritel Mas’ud Khamid, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang, serta Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Heru Setiawan.

 

Tempo telah berupaya mengonfirmasi hasil RUPS ini kepada VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman. Namun, pesan singkat dan telepon Tempo tidak berbalas. Adapun melalui status di profil Whatsapp ia menuliskan bahwa, “Rilis RUPS sedang disiapkan.”

 

Adapun susunan Direksi Pertamina yang baru adalah sebagai berikut.

 

Direktur Utama : Nicke Widyawati

Direktur Penunjang Bisnis : M Haryo Yunianto

Direktur Keuangan : Emma Sri Martini

Direktur Sumber Daya Manusia : Koeshartanto

Direktur Logistik : Mulyono

Direktur Strategi : Iman Rachman

 

CAESAR AKBAR





Sumber