AMBON, KOMPAS.com – Seorang anak buah kapal (ABK) KM Astri 02 bernama Rizal (33) dilaporkan hilang setelah terjatuh dari atas kapal di perairan Laut Aru, Maluku.

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, korban diketahui terjatuh ke laut setelah kapal yang ditumpanginya kembali dari lokasi penangkapan ikan di perairan Laut Aru pada Sabtu (4/7/2020) malam.

“Kami baru mendapatkan laporan hari ini dan kami langsung kerahkan tim untuk membantu operasi pencarian,” kata Muslimin, kepada Kompas.com, Minggu (5/7/2020).


Dia menuturkan, dari keterangan yang diperoleh, korban sempat mengambil alih kemudi kapal saat para ABK lainnya dan juga nahkoda sedang tertidur sekira pukul 22.00 WIT.

Baca juga: Kronologi Warga Jakarta Tewas Berlumuran Darah dalam Hotel di Puncak

Korban pun masih terlihat bekerja saat nahkoda kapal terbangun sekira pukul 24.00 WIT sebelum kembali melanjutkan tidurnya.

“Tapi, sekitar pukul 01.30 WIT itu nakhoda kembali bangun dan tidak lagi melihat anak buahnya tersebut di kapal,” kata dia.

Setelah mengetahui korban telah hilang, nakhoda kapal langsung memerintahkan pencarian saat itu juga.

Kapal tersebut lalu balik arah dan mencari korban hingga satu jam lamanya, namun karena tidak ditemukan, kapal tersebut langsung melanjutkan perjalanan menuju pangkalannya di PPN Ambon.



Sumber