Liputan6.com, Hanoi – Enam ABK WNI MV Ocean Flower yang sempat tertahan di Vietnam karena kebijakan karantina berhasil dipulangkan ke tanah air pada Sabtu malam (13/06). Kedutaan Besar Indonesia di Hanoi telah mendampingi dan dan memfasilitasi para ABK WNI selama berada di Vietnam.

Para ABK pulang ke tanah air dengan menggunakan pesawat Korean Air dan Garuda Indonesia transit Seoul dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis sore (14/06). Seluruh WNI ABK kapal milik perusahaan Korea Selatan tersebut telah menjalani karantina serta tes COVID-19 dan dinyatakan sehat & negatif COVID-19, demikian dikutip dari rilis resmi KBRI Hanoi yang diterima Liputan6.com, Minggu (14/6/2020).

KBRI Hanoi senantiasa berkoordinasi dengan agen perusahaan kapal, pihak-pihak berwenang di Vietnam, serta dengan para ABK langsung. Pada 6 Juni lalu, Duta Besar RI Hanoi bersama pejabat KBRI Hanoi sempat mengunjungi para ABK yang sedang menjalani masa karantina kedua dan menunggu hasil tes COVID-19 terakhir di Hotel Van Long, Quang Ninh.

Kunjungan ditujukan untuk melakukan pengumpulan dan validasi data terkait dokumen perjalanan dan identitas diri para ABK. KBRI Hanoi juga ingin memastikan keenam ABK dimaksud mendapatkan hak-hak kerjanya sesuai dengan kontrak kerja dengan principal company. Dalam kesempatan tersebut, KBRI Hanoi juga menyerahkan bantuan sumbangan bahan makanan kepada para ABK.



Sumber