loading…

DENPASAR – Detik-detik musibah bocornya Kapal Motor (KM) Dharma Rucitra III yang berlayar dari Lombok menuju Bali benar-benar mencekam, Jumat (12/6/2020) malam. Dalam kondisi malam yang gelap, puluhan penumpang memilih melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.”Benar (penumpang melompat ke laut). Di sekitar dermaga,” ungkap Manajer ASDP Padangbai Zainal Abidin. (Baca juga: KM Dharma Rucitra Bocor dan Nyaris Tenggelam di Pelabuhan Padangbai Bali)

Detik-detik peristiwa mencekam itu terjadi ketika kapal yang sudah berada dalam posisi miring itu memasuki dermaga dua Pelabuhan Padangbai, Karangasem, pukul 21.50 Wita. Saat itu, kapal berbobot 1.444 GT itu mengalami kesulitan melakukan sandar ditambah dengan matinya mesin kapal.

Dari dalam kapal terdengar jeritan histeris dari para penumpang. Tak lama kemudian disusul oleh puluhan penumpang yang melompat dari kapal dan menceburkan diri ke laut.

Beruntung, petugas dari Basarnas dan polisi perairan yang sudah siaga di lokasi segera mengevakuasi mereka. “Ada yang dievakuasi dengan perahu karet dan dilempar pelampung,” jelas Zainal. (Baca juga: 60 Penumpang KM Dharma Rucitra Selamat, Puluhan Kendaraan Masih Terjebak)

Dia juga memberikan update, total ada 61 orang penumpang dan kru di KM Dharma Rucitra III yang mengalami musibah. “Satu di antaranya bayi. Semuanya selamat,” ucapnya.

(kri)



Sumber