Ali MasdukiPeduli Nelayan, Pagi Ini Koarmada II Bagikan 2.600 Paket Sembako
KRI Makassar-590 berlayar bersama kapal-kapal nelayan dalam acara Peduli Kasih Dampak COVID-19 TNI AL Wilayah Surabaya. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
SURABAYA – Terpaan pandemi COVID-19, telah mengganggu kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Termasuk para nelayan yang ada di perairan Suramadu, selat Madura.

(Baca juga: Lewat Fox Logger GPS Technology, Alamsyah Menggebrak Dunia)

Sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib rakyat di tengah pandemi COVID-19. Komando Armada II bersama Kotama TNI AL di wilayah Surabaya, mengadakan acara sosial bertajuk “Peduli Kasih Dampak COVID-19 TNI AL Wilayah Surabaya”.

Dengan menggunakan KRI Makassar-590, Koarmada II membagikan paket sembako untuk para nelayan di perairan Suramadu, Jumat (12/6/2020). Acara ini juga dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Forkompimda Jatim, serta seluruh Pangkotama TNI AL di Surabaya.

Peduli Nelayan, Pagi Ini Koarmada II Bagikan 2.600 Paket Sembako

“Kegiatan ini bertujuan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan yang terdampak COVID-19, sehingga mengalami penurunan penghasilan yang berimbas pada kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” tegas Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto.

Panglima Koarmada II, sebagai perwira tertua (Pater) TNI AL di wilayah Surabaya, menginisiasi kegiatan sosial ini dengan melibatkan Kotama TNI AL lainnya, yakni Kodiklatal, AAL, STTAL, Dispsial, Pasmar 2, Puspenerbal, dan Rumkit dr Ramelan.

Dalam kegiatan ini, ada sebanyak 2.600 paket sembako dibagikan kepada nelayan di perairan Suramadu, yang terdiri dari beras, minyak goreng, margarin, gula pasir, kecap, sarden.

Peduli Nelayan, Pagi Ini Koarmada II Bagikan 2.600 Paket Sembako

Heru Kusmanto menegaskan, jika sebagai komponen TNI, seluruh institusi TNI AL di wilayah Surabaya, secara prinsip mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam upaya menekan meluasnya penyebaran penularan COVID-19, termasuk persiapan atau transisi penerapan kehidupan normal baru di masyarakat.

Selain aksi sosial dalam rangka peduli dampak COVID-19, TNI AL khususnya Koarmada II juga telah berkontribusi dalam program ketahanan pangan pemerintah pusat, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan pangan. Hal itu diwujudkan melalui penggarapan lahan kosong di sekitar Koarmada II menjadi lahan perkebunan sayur dan buah-buahan, serta budidaya ikan.

Dia berharap, kegiatan sosial ini dapat memberikan manfaat bagi nelayan, sekaligus memberikan semangat kepada para nelayan, karena TNI selalu ada bersama rakyat menghadapi COVID-19.

(eyt)

preload video

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)





Sumber