11 June 2020, 13:03 WIB

Rendy Ferdiansyah | Nusantara

SEJAK dibukanya penyeberangan ke Tanjung Api-Api Sumatra Selatan, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan kapal penyeberangan dari Tanjung Kailan Muntok Bangka Barat.

GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat Rudy B Hanafiah menyampaikan dalam pantauan memang terlihat ada aktivitas penumpang yang menyeberang mulai bertambah.

“Kita baru menerapkan tanggal 9 kemarin, kalau melihat secara visual sih ada peningkatan,” kata Rudy, Kamis (11/6).

Ia menyebutkan, sebelumnya pada 7 Juni lalu, jumlah penumpang melalui Tanjung Kalian masih sedikit. Namun kini jumlah penumpang terus berangsur naik. Menurutnya, pertumbuhan penumpang yang terjadi saat ini masih jauh di bawah kondisi sebelum adanya pandemi Covid-19. Menurutnya jumlah penumpang masih terbatas karena setiap penumpang sekarang mewajibkan lulus tes covid-19. Ditambah perekonomian belum membaik sehingga masih jarang orang bepergian.

baca juga: Bus AKAP Tetap Beroperasi Meski Rugi

Ia menyebutkan meskipun jalur penyeberangan sudah dibuka namun tetap ada kriteria dan syaratnya sesuai protokol kesehatan serta wajib minimal rapid test untuk menyeberang. Dan saat ini baru tiga trip dilaksanakan dari total tujuh trip.

Nantinya jika diperlukan tambahan trip karena ada peningkatan penumpang  maka kapal Ferry akan menyesuaikan tripnya.

“Yang meningkat penumpang pejalan kaki. Kalau roda dua, roda empat masih tidak kelihatan. Tapi kalau pejalan kaki sudah memakai jasa penyeberangan,” tambahnya. (OL-3)

 







Sumber