Suara.com – Suasana kepanikan sempat menyelimuti perjalanan kapal speed biat Sun Rico yang akan menuju Kota Batam Kepulauan Riau pada Senin (6/7/2020). Lantaran seorang penumpang yang sedang hamil tua mengalami kontraksi ketika berada di speed boat berada di tengah perairan.

Seperti dilansir Metrojambi.com-jaringan Suara.com, Pimpinan Cabang PT Marina Gema Nusantara Sayuti membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengemukakan, peristiwa penumpang asal Lampung yang melahirkan di atas kapal itu terjadi sekira pukul 10.00 WIB.

“Sundari namanya. melahirkan dalam speed boat sekitar jam sepuluh tadi. Kondisinya memang sedang hamil tua,” ujar Pimpinan Cabang PT Marina Gema Nusantara, Sayuti saat dikonfirmasi.

Sayuti menjelaskan, sebelum naik ke speed boat, Sundari sudah diingatkan awak kapal untuk memeriksakan kondisinya terlebih dahulu. Hal itu dilakukan, lantaran kondisi kandungannya sudah besar dan juga yang bersangkutan berangkat ke Batam hanya bersama seorang anak yang masih kecil.

“Tadi sempat kami suruh periksa dulu karena terlihat hamilnya sudah cukup besar,” kata Sayuti.

Tetapi saran tersebut ditepis Sundari. Dia menolak untuk melakukan pemeriksaan kandungannya lantaran yakin kondisinya baik-baik saja. Namun, kenyataan berkata lain, Sundari malah melahirkan di atas speed boat karena tiba-tiba mengalami kontraksi.

“Tapi kata dia tidak apa-apa. Setelah masuk ke dalam boat dirinya merasakan kontraksi dan kita pulang ambil petugas kesehatan yang ada di pelabuhan untuk memberi pertolongan pertama,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek KP3 Iptu Agung Heru Wibowo mengatakan, Sundari melahirkan secara normal dengan jenis kelamin anaknya laki-laki.

Kronologi kejadiannya sendiri pada saat penumpang masuk ke dalam speed boat dirinya langsung merasakan kontraksi dan dari pihak penyedia speed boat langsung menghubungi petugas kesehatan yang ada di pelabuhan untuk diberi pertolongan.

“Pas mau berangkat, dia kontraksi. Dari pihak boat langsung berkomunikasi dengan petugas kesehatan gugus Covid-19 di pelabuhan LLASDP dan langsung dibantu, saat ini ibu-ibu tersebut sudah dibawa ke rumah sakit bersama anaknya,” ujar Agung.





Sumber