JAKARTA, KOMPAS.com – Selain untuk kendaraan taktis (Rantis) militer yang dipasarkan ntuk Kementerian Pertahanan, mobil 4×4 ciptaan PT Pindad (Persero) yang diberi nama Maung juga akan dijual untuk mayarakat sipil.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose. Menurut Abraham, Maung diciptakan memang dengan konsep yang berbeda dari model kendaraan militer lainnya.

“Jenisnya kita masukan ke Rantis ringan, pada dasarnya memang tipe militer tapi kami coba ubah konsepnya ke arah civilian type,” ujar Abraham kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).


Baca juga: Detail Teknis Pindad Maung 4×4, Mobil Taktis Ringan buat Tempur

Abraham mengatakan Maung menjadi pintu bagi Pindad untuk lebih komersial. Dengan menggarap model dengan berbasiskan mobil, diharapkan Maung juga bisa diminati oleh masyarakat.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

Namun tentunya, untuk model Maung yang nantinya akan dipasarkan secara umum berbeda spesifikasi dengan yang digunakan untuk Rantis. Paling utama tak ada kelengkapan persenjataannya, selain itu juga perangkat GPS dan pelacak kendaraan.

Secara varian, menurut Abraham, Pindad membuat Maung yang diketahui menggunakan mesin Toyota Hilux tersebut dalam empat pilihan.

Tiga model diantaranya berkonsep kabin ganda, lalu ada juga untuk kebutuhan logistik, dan tipe militer yang untuk bertempur dalam penyergapan cepat jarak dekat.

Baca juga: Kamuflase di Balik Visual Mungil Daihatsu Wake

“Untuk yang versi sipil tentu kita buat beda, ada pengurangannya karena digunakan bukan untuk kebutuhan militer. Jadi bisa dibilang nanti mungkin mirip SUV ya, harganya juga di bawah versi militer,” kata Abraham.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

Saat ditanya kisarannya, Abraham hanya memberikan estimasi bila Maung versi sipil akan dibanderol sekitara Rp 400 hingga Rp 500 jutaan. Namun itu hanya sekedar prediksi awal yang nantinya akan dikaji kembali.

Proses produksi dijadwalkan bakal dimulai Oktober 2020, namun fokus utama yang akan dikerjakan untuk memenuhi pesanan 500 unit yang diminta Kementerian Pertahanan.

“Karena ini baru kita lihat dulu lah seperti apa, kita juga akan lebih fokus memenuhi pak Prabowo dulu,” ujar Abraham.

Baca juga: Prabowo Geber Maung, Mobil Taktis 4×4 Garapan Pindad

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

“Selama ini kami bermain di segmen militer yang memang pasarnya terbatas, dengan Rantis Maung ini saya pikir jadi kesempatan untuk mengembangkan Pindad lebih komersial, kalau tidak sekarang kapan lagi kan,” kata dia.



Sumber