Perwakilan Solidaritas Perempuan (SP), Arieska Kurniawaty, menambahkan, perjanjian RCEP terancam menghambat akses pada obat dan vaksin Covid-19. Alasannya, “Drafnya mengatur perlindungan HKI (hak kekayaan intelektual) yang akan memperkuat monopoli perusahaan farmasi atas obat dan vaksin.”

Selain itu, RCEP mendorong liberalisasi semua sektor. Ini berimbas terhadap fleksibilitas tenaga kerja tanpa perlindungan hak-haknya. “Dalam hal ini, perempuan yang lebih banyak mengalami tekanan,” jelasnya.

Sedangkan peneliti GRAIN, Kartini Samon, mengungkapkan, banyak negara di ASEAN mengamankan pasokan pangan warganya dengan membatasi ekspor sementara waktu. Vietnam, Myanmar, dan Kamboja, misalnya, tak menjual beras ke luar negeri sejak Maret.

Thailand pun menutup ekspor telur selama seminggu untuk mencegah kekurangan pasokan dalam negeri. “Saat berbagai negara menutup batas-batasnya kala pandemi, pemenuhan produksi pangan di tingkat lokal menjadi sangat diperlukan,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan Serikat Petani Indonesia (SPI), Zainal Arifin Fuad, berpendapat, melanjutkan perundingan RCEP di tengah pandemi merupakan langkah buruk. Pangkalnya, pemerintah semestinya mengutamakan sektor pertanian dan pangan dalam negeri.

“Pandemi menyebabkan petani kesulitan mendistribusikan pangan, sehingga turunnya harga jual,” ungkapnya.

Bagi dia, pemerintah juga sepatutnya fokus pada pengamanan sosial petani dengan mengeluarkan kebijakan yang relevan. Memastikan reforma agraria berjalan dan program pro kedaulatan pangan, misalnya.

“Dukungan pada produksi pertanian di tingkat lokal akan sulit dilakukan jika perjanjian RCEP dilakukan,” kritiknya. Alasannya, kesepakatan akan lebih banyak menggusur produksi pangan lokal.

Koalisi MKE terdiri dari berbagai organisasi nirlaba. SP, IGJ, SPI, Third World Network, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRuHA), Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Kesatuan Perjuangan Rakyat (KPR), serta Indonesia Aids Coalition (IAC).





Sumber