GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Dua remaja terseret ombak di Pantai Ladeha, Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, saat melakukan selfie di atas batu karang, Minggu (12/7/2020).

Satu korban di antaranya berhasil menyelamatkan diri. Sementara satu lainnya hilang dan masih dalam pencarian tim SAR Nias.

“Personel ikat dapat laporan dari kepala Desa Lolomoyo, Senin pagi tadi (13/7/2020). Kejadiannya pada pada hari Minggu kemarin (12/7/2020) sore,” jelas Kepala Basarnas Nias, Sumatera Utara, M Agus Wibisono, kepada Kompas.com di Kantor Basarnas Nias, Senin.

Baca juga: Selfie di Sungai Buaya, 2 Remaja Putri Terpeleset, 1 Ditemukan Tewas


Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas, kata Agus, korban bernama Amolisi Bu’ulolo (20) dan adiknya, Jenial Bu’ulolo (18). Keduanya menaiki batu karang yang ada di sepanjang Pantai Ladeha untuk berswafoto, Minggu sore pukul 16.45 WIB.

Saat itu, gelombang mulai tinggi. Ketika sedang berswafoto, keduanya diterjang ombak yang mengenai batu karang tempat mereka berada dan tiba-tiba terseret ombak. Tubuh korban terjatuh dan terbawa arus ke tengah.

“Adik korban berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan Amolisi Bu’ulolo hilang terseret ombak,” jelasnya. 

Untuk mencari korban, satu tim penyelamat dari Kantor Basarnas Nias diterjunkan ke lokasi kejadian, Senin pagi tadi.

Tim SAR gabungan mulai mencari korban sejak pagi ini dan kondisi saat ini hujan ringan. 

Dia menjelaskan, Tim SAR Nias dibagi dua regu. Satu regu menyisir sekitar lokasi kejadian dan regu lainnya melakukan pencarian di perairan sejauh 5 mil laut. 

“Dalam pencarian ini akan dilakukan metode pencarian dengan penyisiran pantai,” kata Rudi. 

Baca juga: Saat Asyik Selfie, Tiga Gadis Ditabrak Minibus di Sarangan, Ini Kronologinya

Unsur SAR yang berada di lapangan terdiri dari Basarnas Nias, Polairud Polres Nias Selatan, Personel Lanal Nias, BPBD Nias Selatan, Keluarga korban dan warga nelayan setempat.

Alat yang digunakan terdiri dari satu unit rescue car, satu unit LCR dan mopel, satu set peralatan komunikasi dan satu set peralatan medis.



Sumber