MADRID MotoGP Italia 2020 di Sirkuit Mugello resmi dibatalkan. Namun, para penggemar di Italia tidak perlu khawatir karena masih ada dua seri di Sirkuit Misano World yang terletak di Misano Adriatico. Keberadaan dua seri itu disebut Dorna Sports sebagai perwujudan pentingnya Italia bagi MotoGP.

Sebelum dibatalkan, MotoGP Italia 2020 berstatus ditunda. Setelah menanti jadwal baru, seri tersebut dipastikan batal. Sebab, Dorna Sports sulit menemukan solusi terkait logistik dan operasional balapan di tengah pandemi Covid-19.


Baca juga: Manajer Umum Ducati Sambut Baik Jadwal Baru MotoGP 2020

Kendati tidak ada balapan di Mugello, warga Italia masih bisa menyaksikan balapan di Misano lewat tayangan televisi. Secara penamaan, balapan di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli disebut sebagai MotoGP San Marino. Namun, Misano Adriatico masih termasuk region Emilia-Romagna di Italia.

Jadwal MotoGP 2020

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyebut kehadiran dua seri di Misano merupakan bukti Italia adalah negara yang penting buat MotoGP. Karena itu, ia berterima kasih kepada Pemerintah San Marino serta otoritas region Emilia-Romagna atas kerja samanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada otoritas wilayah Emilia-Romagna dan Pemerintah Republik San Marino beserta semua otoritas lokal. Italia adalah negara fundamental buat kami dan ini menjadi sebuah kehormatan tersendiri, seperti setiap tahunnya, untuk menggelar balapan pada September 2020,” ujar Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Corse di Moto, Sabtu (13/6/2020).

Mengingat balapan masih dalam situasi pandemi Covid-19, kedua seri Misano untuk sementara waktu dilangsungkan tanpa penonton. Pihak pengelola sirkuit masih berharap situasi membaik sehingga penonton bisa hadir walau dalam jumlah sedikit.




Sumber