Skandal Dan Alur Cerita Diduga Membuat Drama Korea The King: Eternal Monarch Kalah Rating Dari Drama Lain
“`figure_image
{“alt”:””,”caption”:””,”hash”:”0hD3S1ZyIvGxxuSDOau4VkS1ceGHNdJAgfCn5KAj4mRSgXLFwfWyYEck0aTHtEe1xCBy9Uf0oNRH5DLQsdW34″,”quality”:0,”style”:0}
“`

Drama korea*The King: Eternal Monarch* sebenarnya merupakan drama yang sangat ditunggu-tunggu. Dibintangi bintang papan atas seperti Lee Min Ho dan Kim Go Eun, drama ini juga ditulis oleh Kim Eun Sook yang langganan membuat drama hits. Namun, drama ini rupanya tak sesuai dengan ekspektasi karena ratingnya terus menurun, dan kalaupun naik tidak mencapai angka yang diharapkan.

Apa yang membuat drama ini tak mendapatkan rating tinggi? Berikut ini beberapa dugaan netizen Korea Selatan yang dicetuskan di berbagai situs.

**Skandal yang berkaitan dengan Jepang**
Seperti yang diketahui, jika Korea Selatan dan Jepang mempunyai hubungan yang pelik. Meski hubungan saat ini terlihat baik-baik saja, tapi sejarah mencatat jika hubungan kedua negara masih menyisakan rasa sakit hati. Nah, drama ini tak hanya mencatat 1 skandal berkaitan dengan Jepang, tapi 2! Yang pertama adalah arsitektur bergaya Jepang yang dibuat untuk bangunan kekaisaran Korea dan yang kedua terjadi di episode 6. Episode tersebut menampilkan peperangan laut dengan salah satu kapal yang memiliki desain bendera mirip dengan bendera Jepang. Setelah skandal ini, producing director (PD) Baek Sang Hoon memberikan permintaan maaf resmi.

**Skandal perselingkuhan Jung Eun Chae**
Salah satu skandal drama ini rupanya berkaitan dengan salah satu pemainnya, yaitu Jung Eun Chae. Sebelum drama ini dimulai beredar kabar jika Jung Eun Chae mempunyai hubungan dengan penyanyi Jung Joon Il. Yang lebih mengejutkan hubungan tersebut merupakan perselingkuhan karena Jung Joon Il saat itu masih menikah. Namun, seorang sumber dekat mengatakan jika Jung Eun Chae pun merupakan korban karena ia tidak tahu status hubungan Jung Joon Il saat itu.

**Alur cerita yang cenderung lambat**
Telah menulis deretan drama hits seperti *The Heirs, Descendants of the Sun, Guardian: The Lonely and Great God*, dan *Mr. Sunshine*, wajar jika penonton berharap banyak pada drama baru Kim Eun Sook ini. Ini juga membuat penonton semakin kritis dengan cerita yang ditawarkan. Sayangnya episode-episode pertama membuat penonton gemas karena Kim Eun Sook menghabiskannya untuk menjelaskan masing-masing karakter dalam cerita itu. Sejak episode premier, drama ini tak pernah lagi mencapai rating tinggi.

**Karakter perempuan yang tidak independen**
Ada beberapa komentar di galeri komunitas online "The King: Eternal Monarch" yang menyatakan ketidakpuasan dengan cara karakter wanita dalam drama tampaknya bergantung pada pria. Juga dikatakan bahwa mengecewakan melihat Perdana Menteri perempuan Goo Seo-ryeong (Jung Eun-chae) digambarkan sebagai salah satu pilar dari segitiga cinta yang terobsesi untuk menikahi kaisar. Seorang penonton mengeluh, "Jika Anda hanya akan menggunakannya sebagai alat untuk cinta segitiga, mengapa Anda menempatkannya sebagai tokoh kuat seperti perdana menteri wanita pertama?"
Jung Duk-hyun, seorang kritikus budaya, mengatakan, “Banyak drama mengalami kesulitan untuk menangkap hati para wanita di usia 20-an dan 30-an yang merupakan konsumen utama drama ini. Ini adalah kerangka romansa khas dengan seorang pangeran di atas kuda putih muncul di depan wanita itu, tetapi dihadapkan dengan penolakan ‘kisah Cinderella’ ", katanya. "Wanita Korea menginginkan citra wanita yang mandiri dan aktif, tetapi wanita dalam" The King: Eternal Monarch tidak cukup memuaskan.â€�

**Branding produk yang terlalu banyak**
Di luar alur cerita dan penokohan, rupanya drama *The King:Eternal Monarch* juga banyak diprotes karena terlalu banyak branding produk. Meskipun wajar saja bagi sebuah drama untuk memiliki product placement, dikatakan drama ini benar-benar memiliki penempatan produk yang terlalu banyak.

“`figure_image
{“alt”:””,”caption”:”Contoh penempatan produk dalam The King Eternal Monarch”,”hash”:”0hgltOIfTcOENJNhDFnPtHFHBgOyx6WitALQBpXRlYZncwUn9AfFgnLWpjNSA0Bn8dIFF3IG9zZyFkUyhCfAA”,”quality”:0,”style”:0}
“`

 



Sumber