Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Rencana pengambilalihan sebagian saham PT Bank Bukopin Tbk terus bergulir. Setelah sempat dikabarkan kalau Bank BUMN tertarik mencaplok saham bank bersandi BBKP tersebut, kini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa pihaknya telah menerima pernyataan dari Kookmin Bank.

Grup finansial terbesar di Korea Selatan itu memang saat ini memiliki 22% saham di Bank Bukopin. Dalam keterangan OJK yang diterima Kontan.co.id, Kamis (11/6) pengawas industri jasa keuangan ini OJK menyatakan Kookmin telah siap menjadi pemegang saham pengendali tunggal (PSPT) dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51% saham di Bank Bukopin.

Baca Juga: Rights issue Bukopin jadinya diserap Kookmin, Pemerintah atau Bosowa sih?

“Otoritas Jasa Keuangan telah menerima pernyataan Kookmin Bank, grup finansial terbesar di Korea Selatan, yang saat ini memiliki 22% saham Bank Bukopin telah siap menjadi Pemegang Saham Pengendali Tunggal (PSPT) dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51% saham Bank Bukopin,” tulis Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran persnya.

Sekadar informasi saja, Kookmin Bank yang saat ini tercatat sebagai peringkat 10 besar Bank di Asia, dengan total aset per 31 Desember 2019 mencapai sebesar Rp 4.675 triliun, akan memperkuat permodalan bank, mendukung likuiditas dan pengembangan bisnis bank di Indonesia. 

Kookmin Bank saat ini telah menyediakan sejumlah dana di escrow account untuk menjadi pemegang saham pengendali dalam memperkuat permodalan dan likuiditas Bank Bukopin.

Lebih lanjut, OJK menyebut pihaknya menyambut baik dan mendukung rencana Kookmin Bank yang akan memperkuat permodalan dan tata kelola Bank Bukopin, termasuk melibatkan tim yang profesional untuk mendukung inisiatif peningkatan bisnis. Hal tersebut mencerminkan kepercayaan investor terhadap kinerja industri perbankan dan prospek perekonomian nasional.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Sumber