Viral Buaya Berjemur di Dermaga Kampung Laut Cilacap, Ini 3 Faktanya

Buaya Kampung Laut. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com – Warga Kampung Laut Cilacap digegerkan dengan penemuan buaya di depan Dermaga Pos TNI AL, Klaces. Buaya itu ditemukan tengah berbaring di tempat yang juga menjadi pusat keramaian di kecamatan tersebut. Penemuan buaya itu diposting di akun Facebook Imam Suyanto pada Minggu (5/7).

Dengan kemunculan buaya itu, Imam Suyanto mengimbau agar warga tidak beraktivitas di lokasi sekitar penampakan buaya. Dalam postingannya, ia juga menulis akan mengambil langkah lanjutan dengan dinas terkait karena ditakutkan jumlah buaya tersebut lebih dari satu.

Penemuan buaya itu dibenarkan oleh Kustoro, warga Desa Ujungalang, Kampung Laut. Dilansir Liputan6.com pada Senin (6/7), dia mengatakan buaya itu dilihat oleh nelayan yang melintasi lokasi tersebut pada Jum’at (3/6). Berikut selengkapnya:

1 dari 3 halaman

Bukan Hal Aneh

buaya kampung laut

©2020 Liputan6.com

Menurut Kustoro, kemunculan buaya di Kampung Laut sebenarnya bukanlah hal yang aneh. Dia bercerita dulunya wilayah Kampung Laut yang berada di tepi Segara Anakan merupakan habitat buaya.

Bahkan hingga 1970-an, perburuan buaya merupakan hal yang biasa di Kampung Laut. Pada waktu itu, ada sosok yang dikenal piawai menangkap buaya bernama Kaki Sobari.
2 dari 3 halaman

Sempat Menghilang

buaya kampung laut

©2020 Liputan6.com

Kawasan hutan mangrove dan air payau yang berada di sekitar Segara Anakan merupakan habitat alami buaya. Di tempat itu, buaya biasanya memangsa ikan dan hewan liar semacam babi hutan.

Namun, keberadaan buaya di sana sempat menghilang setelah kematian seekor buaya jumbo berukuran 4 meter pada Agustus 2019. Anehnya, setelah peristiwa itu keberadaan buaya-buaya lain lenyap seketika.

Walau sering muncul di dekat perkampungan warga, tak pernah ada laporan hewan itu memangsa manusia. Kustoro menduga sumber makanan bagi buaya masih cukup banyak sehingga tidak menjadi hewan yang agresif.
3 dari 3 halaman

Reaksi Warganet

Foto buaya di Kampung Laut yang diposting Imam Suyanto sempat menghebohkan dunia maya. Beberapa warganet meminta agar buaya itu segera ditangkap agar tidak membahayakan masyarakat setempat. Hingga Senin (6/7), postingannya telah dibagikan 51 kali. 

Br kali ini ada penampakan buaya nang kamla… ati2 bae bt pr nelayan d sekitarnya,” tulis akun Facebook Gery Rafassa.
Ayuh ditangkep ??? Saya tak siapkan perahu, ente bawa peralatan tongkat dan tali sling,” ujar akun Facebook Itong Prasetyo.
Tangkep tangkep tengkep, medeni pisan,” tulis akun Facebook Herlina Verlita.

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi
semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!
Daftarkan

TOPIK TERKAIT






Sumber